← Kembali ke blog

AI dalam Pengembangan Konten E-Learning

AI Dalam Pengembangan Konten E-learning

Sebuah bisnis pasti tidak akan berjalan tanpa adanya sumber daya manusia. Setiap karyawan berperan sebagai ‘pendorong’ dibalik setiap keputusan dan aksi yang diambil untuk kepentingan perusahaan atau organisasi, yang tentunya membuat bisnis menjadi lebih baik dan dipercayai oleh pihak lain. Inilah mengapa pelatihan dan pengembangan karyawan penting untuk dilakukan, karena setiap karyawan mencerminkan nama baik perusahaan dan organisasi.

Semenjak pandemi COVID-19, banyak perusahaan atau organisasi mulai melakukan pelatihan karyawan dengan E-learning, yaitu pelatihan yang dilakukan secara online. Pada waktu yang sama, kemajuan teknologi AI yang pesat membuat perusahaan dan organisasi mulai menggunakan AI yang dapat memudahkan mereka dalam meningkatkan kompetensi karyawan. Kini, alat berbasis AI untuk pengembangan konten E-learning sudah diterapkan pada berbagai perusahaan dan organisasi.

AI Mengubah Cara Pelatihan Tradisional

Alasan utama mengapa para ahli mengembangkan AI untuk pelatihan karyawan adalah untuk memecahkan masalah yang ditemui pada pelatihan tradisional. Apa saja permasalahannya?

  • Perusahaan atau organisasi cenderung membuat konten yang terkesan generik, hal ini karena materi harus dipahami oleh semua karyawan dalam jumlah yang banyak. Alhasil, konten tidak dipersonalisasikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap karyawan.
  • Penyusunan konten pelatihan yang panjang akhirnya membuat isi konten menjadi terlalu banyak dan terlalu lama untuk diajarkan. Hal ini hanya akan membuat karyawan kewalahan.
  • Waktu yang digunakan untuk mengumpulkan dan menilai hasil pelatihan cukup lama, sehingga keefektifan pelatihan tidak dapat dilacak dengan baik.
  • Pelatihan tradisional tidak terlalu efektif untuk jaman sekarang, dimana semua hal sudah berbasis digital. Generasi milenial dan seterusnya memiliki gaya hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya, sehingga cara belajar mereka pun juga berbeda.

Dengan menggunakan AI, perusahaan atau organisasi dapat menyusun konten dalam jumlah banyak tetapi tetap personal terhadap karyawan. Tentunya ini meningkatkan keefektifan dan efisiensi pelatihan tanpa mengorbankan waktu atau tenaga. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait personalisasi karyawan dengan AI, Anda dapat membaca artikel kami.

Selain itu, perusahaan atau organisasi harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman agar dapat mencapai pengembangan karyawan yang optimal. Saat ini sudah banyak instansi yang merilis sistem AI untuk membantu proses kinerja perusahaan dan organisasi dengan skala yang besar. Jika ingin mengetahui bagaimana AI membantu proses bisnis, Anda dapat mengunjungi artikel kami.

AI Mempercepat Produksi Konten E-learning

AI dapat membuat konten E-learning secara otomatis dengan cepat. AI mampu menganalisis sejumlah data yang besar untuk mengekstrak informasi yang relevan, yang kemudian dapat digunakan untuk membuat materi pelatihan baru. Hal ini juga berlaku untuk materi yang sudah ada, dengan mengidentifikasi informasi yang paling bermanfaat serta menyajikannya dengan cara yang mudah dipahami karyawan.

Dikutip dari forbes, beberapa hal yang dapat dibuat oleh AI diantaranya:

  • Menulis konten materi
  • Menyimpulkan teks konten materi
  • Menentukan gaya penulisan konten yang cocok untuk suatu tugas
  • Membuat pertanyaan yang telah dipersonalisasikan untuk karyawan
  • Menghasilkan suatu gambar atau foto dari teks yang ada
  • Mengedit script konten
  • Melokalisasikan konten dalam bahasa lain

Pembuatan konten yang cepat dan otomatis akan menghemat waktu penyusunan konten E-learning. Dengan ini para trainer dapat berfokus pada aspek pelatihan lainnya yang masih perlu dikembangkan.

Pengujian dan Optimisasi AI dalam Pengembangan Konten E-learning

Teknologi AI mempunyai beberapa cara untuk membantu pengujian dan optimisasi konten E-learning, yaitu:

  1. Pengujian A/B
    Pengujian A/B adalah proses membandingkan dua versi dari hal yang sama untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik. AI dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses ini. Misalnya, algoritma AI dapat menciptakan dua versi kursus yang berbeda dan menyajikannya kepada sekelompok karyawan secara acak. Sistem AI kemudian dapat melacak metrik kunci seperti tingkat penyelesaian kursus, skor tes, dan keterlibatan karyawan untuk menentukan versi mana yang paling efektif.
  1. Optimasi Konten Berdasarkan Data Pembelajaran
    AI dapat memanfaatkan data pembelajaran yang dikumpulkan dari pengguna untuk membantu mengoptimalkan konten. Contoh, jika sistem mencatat bahwa sekelompok karyawan mengalami kesulitan dengan topik tertentu, ia dapat menyesuaikan konten tersebut untuk menjelaskan konsep dengan cara yang berbeda.
  1. Analisis Prediktif
    AI juga mampu melakukan analisis prediktif, menggunakan data historis untuk memprediksi bagaimana karyawan akan berinteraksi dengan konten baru. Dengan ini perusahaan dapat memodifikasi konten sebelum diluncurkan untuk memastikan efektivitasnya.

Penjelasan diatas adalah manfaat-manfaat AI dalam pengembangan konten E-learning. Perlu diingat, meskipun AI mampu membuat seluruh isi konten pelatihan, Anda masih perlu memvalidasi isi konten tersebut. Fungsi AI bukan untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda dengan cepat, tetapi untuk memudahkan proses pekerjaan dalam waktu yang singkat.

Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan AI dalam pengembangan konten E-learning Anda, segera hubungi SUNEDU.ID untuk menerima pembelajaran mengenai penggunaan AI.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Mark Torres
Mark Torres
9 months ago

Thanks for the helpful article!