← Kembali ke blog

Di tahun 2022, setiap divisi dalam perusahaan pasti ingin membuat goal yang baru, tidak terkecuali tim Learning and Development. Salah satu hal yang bisa diusahakan adalah meningkatkan learning culture di perusahaan.

Learning culture adalah sebuah nilai yang yang mendorong karyawan untuk terus belajar. Dengan mengembangkan learning culture banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan, seperti meningkatkan potensi diri masing-masing karyawan yang juga akan berimbas dalam meningkatnya bisnis perusahaan. Mengubah kultur perusahaan memang tidak mudah, namun prosesnya bisa dimulai dari sekarang. Ini dia caranya.

  1. Support oleh Level Manager
    Untuk membangun learning culture, karyawan perlu merasa bahwa atasannya juga mendukung adanya learning culture. Untuk itu bangunlah lebih dahulu learning culture dikalangan manajerial. Tanamkan pada level manager bahwa perlu adanya dorongan bagi karyawan untuk terus belajar. Proses kenaikan jabatan di level manajerial juga bisa dilakukan dengan mengaplikasikan berbagai pelatihan.
  2. Buat Learning Plan yang Personal
    Diskusikan dengan level manajerial untuk membuat learning plan yang personal bagi masing-masing karyawan. Diskusikanlah tujuan learning dan strategi dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu karyawan tidak akan merasa terbebani untuk menyelesaikan pelatihan-pelatihan, justru karyawan akan merasa terbantu untuk meraih tujuan karir profesionalnya.
  3. Reward
    Reward bisa membantu meningkatkan learning culture. LMS provider seperti Sunedu bisa menjembatani rewarding dengan sistem ladderboard yang menarik bagi karyawan. Reward yang diberikan bagi karyawan tidak harus mahal tetapi idealnya tetap harus ada sebuah bentuk reward atas usaha yang dilakukan oleh karyawan.
  4. Terapkan dalam Proses Rekrutmen
    Learning culture yang dibangun dari mulai proses rekrutmen akan juga menyeleksi karyawan yang siap memasuki learning culture. Kandidat yang akan Anda temukan pastinya yang memiliki growth mindset yang bisa jadi sangat berharga dalam perusahaan kedepannya. Recruiter bisa mulai dengan memberikan pelatihan sebagai syarat kelulusan masa percobaan. Dengan begitu, meningkatkan learning culture dalam perusahaan bukan tidak mungkin.

Itu dia keempat cara untuk mulai meningkatkan learning culture dalam perusahaan. Untuk membuat planning learning path dan juga konten pelatihan bagi karyawan Anda, jangan ragu hubungi Sunedu dengan klik link ini. Sampai jumpa di 2022!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments