← Kembali ke blog

3 Cara Memaksimalkan Tim Learning and Development Tahun 2022

Memaksimalkan Tim Learning and Development

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi bisnis saat ini adalah merekrut, melatih dan mempertahankan karyawan menjadi lebih baik hingga mencapai kata terbaik. Terkadang, permasalahan kinerja dan efisiensi perusahaan bukanlah dari jumlah SDM, tapi sebetulnya adalah pada cara paling tepat untuk melatih SDM tersebut, terutama apabila perusahaan memiliki SDM yang tidak terlalu banyak.

Jadi, bagaimana cara untuk memaksimalkan SDM yang ada??

Ada tiga langkah agar kita bisa mencapai optimasi pelatihan L&D, yaitu:

  1. Stop menggunakan cara yang tidak menambah nilai
    Ada banyak sekali cara dan pendekatan di dunia ini, tetapi banyaknya cara tersebut tidak berarti semuanya tepat dan efisien diterapkan pada perusahaan Anda. Fokuslah untuk mengidentifikasi hal-hal yang sedang dilakukan dan dibutuhkan oleh perusahaan yang sepadan dengan waktu dan budget Anda.
    Dilansir oleh Harvard Business School, riset mengatakan bahwa organisasi mengeluarkan $359 milyar secara global hanya untuk pelatihan di tahun 2016, tetapi hasilnya tidak memuaskan, yaitu 75% dari 1.500 manajer dari 50 perusahaan yang telah disurvei menyatakan tidak puas atas pelatihan L&D yang telah mereka lakukan.
  2. Tinjau kompensasi dan manfaat
    Apakah pelatihan yang diberikan oleh perusahaan telah sesuai? Apakah telah mendapatkan hasil yang diharapkan? Apakah perusahaan mendapatkan kemajuan pesat setelah pelatihan tersebut? Atau apakah bingung ingin memulai pelatihan darimana?
    Apabila pertanyaan ini pernah muncul atau sedang terjadi pada perusahaan Anda maka ini merupakan pertanda waktunya Anda melakukan peninjauan dan review.
    Segala hal di dunia ini pasti memiliki kompensasi dan manfaat, apa yang kita berani keluarkan maka hasil setimpal yang kita akan dapatkan. Tetapi apabila terdapat salah satu opsi yang membantu memberikan hasil semaksimal mungkin dengan budget minimal, maka segera ambil kesempatan tersebut. Yuk, jangan kita ulangi kesalahan para manajer pada tahun 2016 tersebut di tahun ini!
  3. Atur strategi pelatihan terbaik
    Teamwork makes the dreams work, sebuah pepatah sederhana dengan arti yang dalam. Setelah kita melakukan peninjauan, maka step selanjutnya adalah mengatur ulang strategi agar efektivitas dan goal perusahaan dapat tercapai. Ingat, kembali pada pepatah tadi, sebuah tim yang handal maka akan menghasilkan hasil yang luarbiasa. Oleh karena itu, strategi pelatihan yang diambil harus yang paling tepat sasaran, dapat mengembangkan bakat setiap SDM dan meningkatkan kinerja perusahaan kemudian.

Jadi ketiga poin ini merupakan langkah-langkah yang dapat diambil oleh setiap perusahaan guna meningkatkan efisiensi SDM. Ingat, kuantitas tidak akan menjadi masalah apabila kualitas SDM telah berdaya guna optimal. Disini, Sunedu dapat membantu menjawab pertanyaan dan keluhan Anda terkait peningkatan pelatihan SDM dengan harga terjangkau dan fleksibilitas yang tinggi. Tunggu apalagi? Langsung hubungi kami sekarang dan rasakan manfaatnya secara langsung!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments