← Kembali ke blog

Pilih Project Management Tools Yang Punya 4 Aspek Ini

project management tools

Project management adalah pengaplikasian berbagai proses, metode, skill dan juga pengetahuan untuk menyelesaikan proyek ataupun pekerjaan spesifik lainnya. Hasil dari project management harus bisa sesuai dengan kriteria dan parameter yang diinginkan dan selesai dengan kurun waktu dan budget yang telah ditentukan.

Walaupun sebuah pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya, dalam prosesnya seringkali masih kurang efisien. Misalnya weekly meeting yang terlalu lama, ataupun terjadi dependency pekerjaan yang membuat anggota tim hanya bisa menunggu anggota tim lainnya menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu. Kasus seperti ini bisa diminimalisir dengan penggunaan project management tools.

Pengertian Project Management Tools

Project management tools adalah sebuah software yang digunakan untuk melakukan planning berbagai project yang dapat dijadwalkan deadlinenya, karyawan mana yang harus mengerjakannya, aksi selanjutnya yang harus dilakukan setelah menyelesaikan task tertentu, pengontrolan budget, dan juga memungkinkan untuk kolaborasi bersama karyawan lain. Terdengar sangat membantu, bukan? Kabar baiknya, tools ini bisa digunakan untuk semua divisi, tidak hanya project management.

Terdapat banyak model project management tools yang dapat digunakan, mulai dari bentuk kanban, project charter, Work Breakdown Structure, dan lain sebagainya. Setiap project management tools memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, terdapat hal penting yang harus ada dalam sebuah project management tool.

  1. Project Management Tools yang ada List Pekerjaan
    Dapat menetapkan berbagai tugas dan memperbaharui status dari tugas (misalnya suatu tugas sudah selesai, sehingga anggota tim lain bisa melanjutkan tugas lainnya yang berhubungan) sehingga semua orang yang ada dalam tim bisa tahu apa saja yang dikerjakan satu sama lain.
  2. Penjadwalan
    Akan sangat baik jika list pekerjaan bisa ditambahkan dengan penjadwalan terkait siapa yang harus mengerjakan pekerjaan tersebut dan juga deadline-nya, apalagi jika bisa terhubung dengan kalender pribadi dari masing-masing anggota tim.
  3. File Sharing
    Untuk memaksimalkan keefektifan dari project management tool, sebaiknya pilihlah project management tools yang bisa melakukan file sharing sehingga tidak perlu menggunakan tools lain untuk melakukan file sharing.
  4. Pembagian Tugas
    Pilihlah project management tool yang bisa melakukan tagging pada anggota tim lain sehingga ketika sudah selesai melakukan suatu pekerjaan, bisa langsung dilanjutkan oleh orang lain tanpa perlu menunggu lama.

Itu dia hal penting yang perlu ada dalam project management tools yang anda pilih. Tapi jangan lupa pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anggota tim Anda. Jangan lupa like dan share artikel ini jika Anda merasa artikel ini bermanfaat bagi Anda dan juga banyak orang lainnya. Kunjungi juga berbagai artikel SUNEDU.ID lainnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments