← Kembali ke blog

Apa saja sih peran penting trainer modern dalam pelatihan online? Yuk disimak!

Dewasa ini kebutuhan akan trainer modern meningkat seiring adanya peningkatan teknologi yang baru, gaya belajar yang baru, hingga ekspektasi yang baru dari peserta pelatihan. Peningkatan kebutuhan akan trainer modern akan membuat adanya kesenjangan antara kompetensi dari trainer tradisional dengan apa yang dibutuhkan di masa kini. Itulah mengapa trainer modern juga harus mengikuti perkembangan zaman, khususnya dalam hal penggunaan teknologi untuk pelatihan. Terdapat berbagai aspek yang membuat trainer modern dapat dikatakan berkompeten. Semua aspek ini dirangkum menjadi 6 Digital Competence for Educators oleh European Commission.

Peran Penting Trainer #1: Meningkatkan Penggunaan Teknologi Secara Personal

Salah satu kompetensi dari seorang trainer dapat dilihat dari kemampuan seorang trainer tersebut menggunakan teknologi dalam proses interaksi secara profesional dengan trainer lain, peserta pelatihan dan para pemimpin perusahaan. Trainer dapat menggunakan media sosial profesional seperti LinkedIn untuk bertukar pengetahuan dan pengalamandengan kolega maupun trainer lain, melakukan diskusi dengan peserta pelatihan melalui Learning Management System yang biasa disingkat dengan sebutan LMS, atau mempresentasikan hasil pelatihan pada pemimpin perusahaan dengan menggunakan Zoom Meeting maupun Google Meet. Dengan begitu, sebagai trainer Anda akan terbiasa menggunakan teknologi sehingga akan memudahkan Anda saat menerapkannya dalam proses mengajar.

Peran Penting Trainer #2: Pencarian Sumber Materi

Kompetensi lainnya yang juga penting yang perlu dimiliki seorang trainer modern adalah proses dalam mencari materi untuk pelatihan. Materi pelatihan diharapkan harus sesuai dengan tujuan pelatihan, gaya belajar peserta, memiliki materi yang dalam, dan berasal dari sumber yang kredibel. Dalam penggunaan, pengolahan dan penyampaian materi, trainer diharapkan juga bisa memerhatikan aturan tentang hak cipta dan privasi terutama untuk konten yang sensitif.

Peran Penting Trainer #3: Kegiatan Belajar Mengajar

Penggunaan LMS tentunya bisa membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih variatif. Dalam proses belajar mengajar ini, trainer diharapkan mampu mengajar dengan bantuan berbagai fitur seperti video online, desain responsif untuk mendukung berbagai device, cloud based serta analitik. Ada juga fitur yang tidak secara langsung menunjang materi namun dapat meningkatkan engagement dari peserta pelatihan, yakni gamification. Gamification memungkinkan adanya tantangan, level, skor, dan ranking yang dapat membuat peserta semakin semangat.

Peran Penting Trainer #4: Penilaian

Penilaian dapat menjadi tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar yang terjadi di kelas. Penilaian dapat dilakukan secara formatif saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, ataupun secara sumatif saat kegiatan belajar mengajar sudah berakhir. Dengan dukungan LMS, pengambilan nilai dapat dilakukan secara otomatis sehingga mengurangi kemungkinan salah pada penginputan. Analisis dan penyajian hasil pelatihan dapat dengan mudah dilakukan oleh trainer untuk membuat keputusan berdasarkan keadaan peserta dan membuat planning untuk strategi mengajar yang lebih baik lagi dikemudian hari.

Peran Penting Trainer #5: Memberdayakan Peserta Pelatihan

LMS bisa digunakan untuk memfasilitasi peningkatan engagement dari para peserta pelatihan. Contohnya seperti mengeksplor sebuah topik, bereksperimen dengan solusi dan opsi yang berbeda, memahami hubungan, hingga memberikan solusi yang kreatif dari masalah real yang cukup kompleks. Dengan bantuan LMS, pelatihan dapat dipersonalisasi sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing peserta sehingga peserta bisa menggunakan banyak waktu untuk memahami materi yang kompleks ini, bukan hanya asal mengerjakan agar lebih cepat dalam mengumpulkan tugas.

Peran Penting Trainer #6: Memfasilitasi Kompetensi Digital dari Peserta Pelatihan

Selain trainer, para peserta pelatihan juga diharapkan memiliki kompetensi digital. Untuk itu para trainer perlu memfasilitasi hal ini ini agar para peserta pelatihan terbiasa menggunakan berbagai fitur dalam menunjang proses belajar secara digital. Peserta pelatihan bisa diberikan berbagai tugas yang mengharuskan mereka untuk secara aktif dan bertanggung jawab dalam menggunakan LMS untuk berkomunikasi berkolaborasi dan berpartisipasi dalam kelas. Trainer juga perlu memastikan agar peserta memahami pentingnya hak cipta dan perlindungan privasi dalam menggunakan dan menyebarluaskan sebuah materi milik orang atau badan lain.

Itu dia ke-enam aspek peran penting yang harus dimiliki oleh seorang trainer modern. Untuk mencari tahu lebih lanjut seputar fitur-fitur pada Learning Management System atau LMS sebagai media yang sesuai dengan teknologi yang harus dikuasai oleh seorang trainer, Anda bisa klik link ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments