← Kembali ke blog

Self-learning adalah proses seorang individu dalam mengambil inisiatif dengan ataupun tanpa bantuan orang lain, dalam menentukan kebutuhan, tujuan, sumber dan juga evaluasi dari sebuah pembelajaran. Seorang karyawan seringkali melakukan self learning untuk meningkatkan skill agar bermanfaat bagi karirnya.

Self learning dapat dilakukan secara sederhana maupun secara kompleks. Self learning sederhana mudah untuk dilakukan, karena tidak membutuhkan banyak fitur dan mudah dibuat. Fitur dari self learning sederhana contohnya seperti teks, video, dan juga kuis.

Self learning dapat dilakukan dengan media teks seperti pada buku, poster, papan tulis, blog, maupun artikel. Video juga dapat menjadi salah satu sumber learning sederhana, seperti Video YouTube, dan juga video penjelasan oleh course berbayar di Internet. Kuis-kuis online yang berupa pilihan ganda bahkan juga dapat menjadi media pembelajaran bagi learner.

Selain media di atas, self-learning dapat juga dilakukan dengan media yang lebih kompleks dalam arti media yang lebih dapat mengakomodasi kebutuhan learner, yang dapat menggunakan berbagai media seperti pada self-learning sederhana di atas, namun dengan tambahan forum diskusi, soal berupa essay, dan pembahasan dengan trainer. Forum diskusi memungkinkan learner berdiskusi mengenai materi yang masih belum dipahami dengan learner lainnya. Dengan soal essay, learner dapat menuangkan pemikiran hasil belajar dengan lebih mendalam.

Pertemuan dengan trainer juga memungkinkan learner dapat membahas topik tertentu, terutama setelah menyelesaikan studi kasus yang berhubungan dengan pekerjaan learner.

Self-learning yang sederhana baru dapat memberikan informasi baru, namun dengan self-learning kompleks, dapat lebih menganalisis materi yang diterima karena ada trainer dan diskusi. Untuk itu, Sunedu.id menyediakan Learning Management System yang dapat mengakomodasi learning dengan lebih baik lagi, dengan fitur yang lebih beragam dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments